nasri sulaiman Dalil Tentang Haji Pengantar : Rasulullah SAW bersabda: “Suatu kaum yang berkumpul dalam sebuah rumah dari rumah-rumah Allah (mesjid/surau), bertilawat A... 5

Dalil Tentang Haji

0
Pengantar :

Rasulullah SAW bersabda: “Suatu kaum yang berkumpul dalam sebuah rumah dari rumah-rumah Allah (mesjid/surau), bertilawat Al Qur'an dan mempelajarinya bersama, maka Allah akan menurunkan ketentraman dan menaungi mereka dengan rahmat. Para malaikat mengitari mereka dan Allah menyebut-nyebut mereka di kalangan para malaikat yang ada di sisiNya.” (HR. Muslim)

Beberapa Ayat al-Qur`an Tentang Haji
QS. Ali Imran : 97
“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup (mampu) mengadakan perjalanan ke Baitullah1. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.”

1. Yaitu: orang yang sanggup mendapatkan perbekalan dan alat-alat pengangkutan serta sehat jasmani dan perjalanan pun aman.
QS. al-Hajj : 27
“Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus2 yang datang dari segenap penjuru yang jauh.”

2. Unta yang kurus menggambarkan jauh dan sukarnya yang ditempuh oleh jemaah haji.

Beberapa Hadits Tentang Haji
Rasulullah saw. Bersabda: “Islam didirikan atas lima (sendi), yaitu menyaksikan bahwasanya tiada Tuhan selain Allah, dan bahwasanya Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, mengeluarkan zakat, beribadah haji ke Baitullah dan berpuasa di bulan ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah saw. bersabda: “Janganlah kamu sekalian bepergian selain menuju ke tiga mesjid; mesjidku ini (Masjid Nabawi), Masjidil Haram dan Masjidil Aqsa.” (Shahih Muslim)

Rasulullah SAW bersabda: “Jihad yang paling afdhol (utama) ialah haji yang mabrur.” (HR. Bukhari)

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa memiliki bekal dan kendaraan (biaya perjalanan) yang dapat menyampaikannya ke Baitil Haram dan tidak menunaikan (ibadah) haji maka tidak mengapa baginya wafat sebagai orang Yahudi atau Nasrani.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad)

Rasulullah SAW bersabda: Allah SWT berfirman dalam hadits Qudsi “Seorang hamba Aku sehatkan tubuhnya dan Aku perluas baginya mata pencahariannya dan berlalu lima tahun tidak berhaji kepada rumahKu maka dia akan kehilangan (pemberianKu).” (HR. Al-Baihaqi : Hadits Hasan)

Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anha berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam masuk ke rumah Dluba'ah bintu al-Zubair Ibnu Abdul Mutthalib, lalu berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku ingin menunaikan haji, namun aku sakit. Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Berhajilah." Muttafaq Alaihi.

Rasulullah saw. pernah bersabda: “Permudahlah dan jangan mempersulit dan jadikan suasana yang tenteram jangan menakut-nakuti.” (Shahih Muslim)

Dari Ibnu al-Zubair Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sekali sholat di masjidku ini lebih utama daripada 1000 kali sholat di masjid lainnya kecuali Masjidil Haram, dan sekali sholat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100 kali sholat di masjidku ini." (HR.Ahmad. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban).

Ucapan Rasulullah kepada orang yang pergi haji: "Semoga Allah menerima hajimu, mengampuni dosamu dan mengganti ongkosmu (biaya-biayamu)." (HR. Ad-Dainuri : Hadits Hasan)

Disusun Oleh : H.Muhammad Nasri

Tidak ada komentar:


Copyright © Seni, Ilmu, Iman dan Amal

Sponsored By: Free For DownloadDesigned By: Habib Blog