nasri sulaiman Kemuliaan Mendirikan Sholat “Apakah yang menyebabkan kamu masuk neraka saqar?mereka menjawab : ”kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat”. (QS. ... 5

Kemuliaan Mendirikan Sholat

0
“Apakah yang menyebabkan kamu masuk neraka saqar?mereka menjawab : ”kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat”. (QS. Al-Muddtstsir 42,43).
Sholat lima waktu wajib dikerjakan oleh muslim laki-laki atau perempuan yang telah baliq dan berakal. Tidak ada alasan apapun yang dapat dibenarkan secara syar’i untuk meninggalkan sholat, meski dalam keadaan sakit. Hanya kematian yang menggugurkan kewajiban terhadap sholat fardhu. Sholat adalah tiang agama, pembeda antara muslim dengan kafir, dan di akhirat nanti merupakan ibadah yang pertama kali dihisab. Jika sholatnya sempurna maka diterimalah amal-amal sholeh lainya. Jika sholatnya kurang maka sesungguhnya rugilah ia dan sia-sialah amal-amal lainnya.

KEMULIAAN MENDIRIKAN SHOLAT
Rasululullah SAW bersabda yang artinya: “Barang siapa memelihara sholat lima waktu, maka dimuliakan Allah dengan lima perkara:
1. Dihilangkan ia dari kesempitan hidup;
2. Dijauhkan ia dari siksa kubur;
3. Diterima kitab amalan di tangan kanan;
4. Berjalan di atas shiroth (jembatan) seperti kilat;
5. Dimasukkan ke sorga tanpa dihisab.

SIKSAAN MENINGGALKAN SHOLAT LIMA WAKTU
Rasululullah SAW bersabda yang artinya: BARANG SIAPA MERINGAN-RINGANKAN DAN MENINGGALKAN SHOLAT LIMA WAKTU YANG DIWAJIBKAN, MAKA AKAN DIBALAS ALLAH SWT DENGAN LIMA BELAS SIKSAAN, LIMA DI DALAM DUNIA, TIGA KETIKA AKAN MATI, TIGA DIDALAM KUBURNYA, DAN TIGA DIWAKTU BANGKIT DARI KUBURNYA.

SIKSAAN KETIKA HIDUP DI DUNIA:
1. Dihilangkan berkah pada umurnya;
2. Dihilangkan tanda-tanda kesholehan pada mukanya;
3. Tidak dipahalai amalan-amalannya;
4. Tidak dikabulkan do’anya;
5. Tidak memperoleh do’a dari orang-orang sholeh.

SIKSAAN KETIKA SAKARATUL MAUT:
1. Matinya dalam kehinaan (pencabutan rohnya dengan sembrono);
2. Matinya dalam keadaan kelaparan;
3. Matinya dalam keadaan kehausan;

SIKSAAN KETIKA DI DALAM KUBUR:
1. Disempitkan kuburnya sehingga bersalah-salahan tulang iganya;
2. Digelapkan kuburnya;
3. Ia disiksa pula oleh malaikat syaja’il aqro’, dimana dua mata malaikat itu dari api dan segala kuku-kuku dari besi yang menyala, suaranya seperti halilintar, dan ia berkata : “aku diperintah akan memukul engkau, engkau hilangkan sholat shubuh sampai terbit matahari, engkau hilangkan sholat zhuhur sampai waktu ashar, engkau hilangkan sholat ashar sampai waktu maghrib, engkau hilangkan maghrib sampai waktu isya, dan engkau hilangkan sholat isya sampai waktu fajar”. Lalu ia memukul, tiap-tiap sekali pukulan terpendamlah orang itu kedalam bumi tujuh puluh hasta dan disiksa ia sampai hari kiamat..

SIKSAAN KETIKA BERADA DI AKHIRAT:
1. Diberatkan hisabnya;
2. Allah murka padanya;
3. Dimasukkan ke neraka.

Disusun Oleh : H.Muhammad Nasri 

Tidak ada komentar:


Copyright © Seni, Ilmu, Iman dan Amal

Sponsored By: Free For DownloadDesigned By: Habib Blog